Stevan Pasaribu Ajak “Kaji Ulang” Hubungan Lewat MV Terbaru Bareng Elsa Japasal

Setelah sukses merilis album perdananya bertajuk ‘Harapan’ dengan mengusung single utama “Ku Tak Mampu Lagi” pada pertengahan Desember 2023 lalu, Stevan Pasaribu akhirnya kembali mengeluarkan karya terbarunya dalam bentuk musik video dari track kedua album tersebut berjudul “Kaji Ulang”. Menurut Stevan, Lirik pada track ini terinspirasi langsung dari pencipta lagunya, musisi Benny Hadislani. Pada lagu ini Stevan tidak banyak terlibat dalam proses kreatif dan menyerahkan sepenuhnya kepada pencipta lagunya, ia mengaku bahwa dirinya hanya terlibat dalam pembuatan beberapa nada dalam lagu tersebut. 

Jujur waktu pertama kali aku terima materi lagu, perasaanku masih 50:50, aku masih cari cara gimana agar lagu ini jadi “Stevan banget”, aku coba kaji ulang lagi lagu ini, dan akhirnya dapet taste yang pas dan mengarah ke arah black music, gospel dan RnB yang ada backing vocal juga,” Jelas Stevan. Ketika ia mendengar hasil akhir rekaman lagu yang telah ia kaji ulang ini, Stevan merasa puas dengan keputusan yang dibuat karena ia berhasil mengubah lagu ini menjadi miliknya. 

Menurut Stevan, “Kaji Ulang” ini seolah memberikan pesan kepada para pendengarnya untuk tidak memendam perasaan dan harus mengutarakan apapun yang ingin disampaikan kepada pasangan, daripada berujung dengan penyesalan yang selalu datang terlambat. “Ketika kamu menyimpan perasaan sebegitu lamanya kepada seseorang yang juga dulunya memiliki rasa yang sama, tapi karena terlalu lama, dia memutuskan pergi. Akhirnya kamu yang minta dia kaji ulang lagi, tapi belum tentu dia mau. Jadi pesannya kita harus segera menyampaikan apapun yang ada di hati jika itu memang dirasa penting untuk masa depan,” tutur Stevan menjelaskan. 

Dalam perjalanan selama penggarapan lagu ini, Stevan menemukan beberapa tantangan tersendiri, namun ia tetap berusaha mengatasi tantangan tersebut dengan caranya mengulang nyanyi lagunya terus menerus sampai akhirnya ia berhasil mendapat ‘Rasa’ yang ia inginkan. Cara ini sengaja dilakukan Stevan agar lagu ini menjadi versi dirinya sendiri dengan mengubah beberapa nada dan teknik bernyanyinya. 

Melalui perilisan musik video “Kaji Ulang” ini, Stevan mengajak Elsa Japasal sebagai lawan main utamanya. Bercerita tentang seorang pria yang rela menjadi apapun sehingga wanita yang disukainya tertarik dengan nya. Dengan menghadirkan unsur komedi garapan sutradara Sutedja Khoa, Music Video ini berhasil menyajikan karakter unik seperti Bruce Lee, The Matrix dan lain-lain sehingga makna lagunya relatable. Stevan berharap agar lagu ini bisa dinikmati banyak orang dan mendapat tempat di hati para pendengarnya.

Lagu “Kaji Ulang” dari Stevan Pasaribu sudah bisa didengarkan di seluruh platform musik digital yaitu Spotify, Apple Music, Langit Musik, Youtube Music, TikTok Music dan Trebel. Untuk music videonya dapat disaksikan di channel YouTube Musica Studios. 

Courtesy of Musica Studios
Executive Producer: Indrawati Widjaja

Song Credits
Song: Benny Hadislani
Lyrics: Benny Hadislani
Produced by Ivan Dewanto, Denny Indrajaya & Reza Eka Putra
Music Arrangement by Denny Indrajaya, Reza Eka Putra & Ivan Dewanto
Guitar : Denny Indrajaya
Keys: Reza Eka Putra
Strings: Langen Dumadi
Mixed & Mastered by stevano

Music Video Credits
Starring ELSA JAPASAL
Directed & Edited by SUTEDJA KHOA
Produced by RIZKY ADITYA
Executive Producer UPIE GUAVA & ZAKY ALJOSHA
1st Asisstant Director ANDRU YUWONO ADI
Cinematographer YOPIE GUNAWAN
2nd Camera ROBBIE SUHARLIM
Gaffer WAN BLACK & TEAM
Assistant Camera JIHAD SAJIDIN
Art & Property SONY ISMAYADI & TEAM
Talent Coordinator MUHAMAD REZA
Make Up & Hair Do KAME RINI
Fashion Stylist KAME RINA
Unit Production Manager ARIEF PRAS
Production Team JHON ADITYAS TANJUNG, ARYA AWALUDIN, ABU DABI, M ALFARIZI RAMADHAN
Behind The Scene TUNGKI ARIWIBOWO
Post House GUAVA FILM
Color Grading RAHMAT INDIRIYANTO
Online Editor SAZA
Finance team RANI & OSEL

Publishing: Musica Publiser Indonesia
Label & Distribution: Musica Studio’s